Example floating
Example floating
Galeri

Wajib Tahu! Inilah Penyebab Gigi Jadi Sensitif

179
×

Wajib Tahu! Inilah Penyebab Gigi Jadi Sensitif

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gigi Sensitif

Sibertangerang.id – Gigi sensitif bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi dan memahami masalah ini, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab utama di balik gigi yang sensitif.

Dalam artikel ini, akan diberikan penjelasan beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gigi sensitif.

Pengikisan Lapisan Gigi

Pengikisan enamel, lapisan luar gigi, dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti penggunaan sikat gigi dengan tekanan berlebihan, penggunaan pasta gigi yang mengandung partikel abrasif, atau konsumsi makanan dan minuman asam yang bisa merusak enamel.

Penyusutan Gusi

Penyusutan atau resesi gusi dapat mengakibatkan akar gigi yang sebelumnya dilindungi oleh gusi menjadi terbuka. Bagian akar gigi yang terbuka ini dapat membuat gigi lebih responsif terhadap rangsangan dari luar, seperti makanan atau minuman panas serta dingin.

Sikat Gigi yang Tidak Tepat

Penggunaan sikat gigi yang kasar atau cara menyikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan abrasi pada enamel gigi. Sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras dapat merusak lapisan email dan memperburuk sensitivitas gigi.

Gigi Retak atau Pecah

Gigi yang mengalami retak atau pecah bisa memungkinkan masuknya bakteri ke dalam gigi, menimbulkan iritasi pada saraf gigi, dan meningkatkan tingkat sensitivitas. Kondisi ini umumnya membutuhkan perawatan khusus dari dokter gigi.

Penggerusan Gigi

Kebiasaan menggerus gigi saat tidur, atau bruxism, dapat menyebabkan abrasi pada enamel gigi dan merusak struktur gigi, meningkatkan tingkat sensitivitas. Perawatan khusus mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

Makanan dan Minuman Asam

Makanan dan minuman yang bersifat asam, seperti minuman berkarbonasi, buah-buahan asam, dan cuka, dapat merusak enamel gigi dan memicu sensitivitas. Menggunakan sedotan atau berkumur setelah mengonsumsi makanan asam dapat membantu mengurangi dampak negatifnya.

Kesimpulan

Dengan memahami penyebab gigi sensitif, langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat dapat diambil. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai, sehingga Anda dapat kembali menikmati makanan dan minuman dengan nyaman.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *